Thursday, February 13, 2014

LUPA



Kehidupan penuh dengan hal yang perlu diingat. Bayangkan angka yang kita harapkan untuk diingat seperti tanggal ulang tahun, liburan, beberapa nomor telepon, alamat, dan nomor pin. Belum lagi instruksi-instruksi pada pekerjaan atau pelajaran di sekolah yang penting untuk diingat, jadi itu wajar saat mengalami beberapa masalah saat keadaan lupa itu terjadi. Lupa adalah sifat bawaan manusia seperti bunyi ungkapan maqolah al-insan mahallul khatha’ wan nisyan. Begitu akutnya lupa bagi manusia, sehingga fiqihpun memberikan ruang istimewa bagi mereka yang benar-benar lupa. Misalkan lupa makan atau minum ketika berpuasa, maka hal itu dianggap sebagai rizki dan tidak membatalkan puasa. Hadits Rasulullah saw:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَكَلَ أَوْ شَرِبَ نَاسِيًا فَلَا يُفْطِرْ فَإِنَّمَا هُوَ رِزْقٌ رَزَقَهُ
Barang siapa yg lupa, lalu makan atau minum ketika berpuasa, maka janganlah membatalkan puasanya, karena hal itu adl rizqi yg Allah berikan kepadanya.
Demikianlah syariat memberikan jalan keluar bagi mereka yang lupa. Lupa biasa terjadi pada sesuatu yang sering dilakukan. Begitulah manusia, semakin sering melakukan sesuatu semakin tinggi kemungkinan terjadi lupa. Karena jika tidak melakukan sesuatu pastilah ia tidak lupa, begitu logiknya. Jikalau memang seseorang benar-benar lupa mengerjakan satu rukun tertentu, dan ia sama sekali tidak ingat dan tidak ada orang yang mengingatkannya maka ibadah itu hukumnya tetap syah. Namun jika ia teringat kembali dan meyakini adanya kelalaian itu hendaklah ia memperbaikinya.

Dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan kita menjadi pelupa :

1.       Kurang Tidur
Ketika kita kurang tidur sudah pasti dengan otomatis badan lemas, mata anda mengatuk dan pikiran selalu ingin tidur. Nah, dari sanalah ketidak fokusanpun muncul dan terjadilah penyakit lupa.
2.       Gangguan Fisik
Terjadi benturan kuat pada kepala dapat membuat sistem memori otak tiba-tiba hilang. Hal demikian bisa dikarenakan pernah terjadi kecelakan sehingga cidera di bagian kepala. Kejadian ini dapat membuat anda sering lupa atau bahkan menderita amnesia.
3.       Narkoba dan Alkohol
Ketika seseorang mabuk, apakah dia ingat? tentu agak-agak lupa, sehingga daya pikirannya tidak bisa dikendalikan. Apalagi bagi seseorang pecandu narkoba, maka sel-sel otaknya akan melemah.
4.       Banyak fikiran
Bagian otak manusia dan fungsinya, hanya bisa menampung begitu banyak informasi dan kemudian mulai sulit untuk memanggilnya ketika diperlukan. Ini adalah tanda bahwa telah terlalu banyak hal yang terjadi.
5.       Alzheimer
Penyakit ini, disebabkan oleh hilangnya ingatan. Munculnya penyakit ini di awali dengan mudah cemas, kesal, sering marah, pikirannya kacau, dan mudah lelah. Sehingga, dikit demi sedikit penyakit ini akan membuat anda bingung lalu lupa. Bisa juga membuat seorang pikun, dengan lupa siapa saja nama-nama anggota dlam keluarga, serta apa yang sering dilakukannya sehari-hari.
Bagaimana cara mengatasi lupa ini dan meningkatkan ingatan anda, di bawah ini sedikit hal yang bisa kita lakukan :
1.       Perbanyak doa.
Dengan petunjuk Allah memori yang ada di otak akan mudah kita panggil ketika kita membutuhkan.
2.       Perbanyak istirahat
Pelupa sering disebabkan oleh tidak cukupnya waktu istirahat, khususnya tidur malam. Kebanyakan orang perlu tidur setidaknya tujuh atau delapan jam setiap malam. Cobalah untuk mendapatkan manfaat istirahat yang cukup dengan tidur yang berkualitas di malam hari atau beberapa kali mengambil tidur siang.
3.       Meningkatkan aliran oksigen ke otak
Latihan aerobik akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Merokok, di sisi lain akan merampas oksigen untuk otak yang dibutuhkan untuk berfungsi. Cara mengatasi lupa dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan berhenti merokok akan meningkatkan kualitas ingatan.
4.       Menyederhanakan hidup
Sering kelupaan bisa jadi karena memiliki terlalu banyak hal untuk diingat. Bagian otak manusia dan fungsinya, hanya bisa menampung begitu banyak informasi dan kemudian mulai sulit untuk memanggilnya ketika diperlukan. Ini adalah tanda bahwa telah terlalu banyak hal yang terjadi. Mulailah memotong beberapa hal dengan menghilangkan beberapa aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk anda.
5.       Prioritaskan setiap tugas
Hal ini terkait dengan langkah sebelumnya, sebagai salah satu cara mengatasi lupa yang efektif dengan menyederhanakan tugas adalah membuat daftar semua hal yang harus dilakukan dalam satu hari, memprioritaskan mereka, kemudian mencoret ketiga rencana terbawah pada daftar jika mungkin.  Anda mungkin bisa melakukan hal yang lebih penting lainnya.
6.       Menulis hal-hal penting
Menulis hal-hal penting adalah kebiasaan yang benar, tapi seberapa sering kita mencoba untuk mengambil jalan pintas dan menghilangkan langkah ini. Mencoba untuk menyimpan daftar di kepala kita adalah salah satu penyebab lupa. Cara mengatasi lupa yang sering terjadi ini dengan menuliskan daftar belanjaan, menulis tugas kuliah yang harus dikumpulkan kemudian setelah menuliskannya, otak bisa melupakannya. Bila membutuhkan informasinya, itu semua bisa kita lihat di catatan.
7.       Mengembangkan rutinitas
Melakukan hal yang sama, dalam urutan yang sama, pada saat yang sama setiap hari. Sebagai contoh ketika bersiap-siap untuk bekerja di pagi hari, bangun pada waktu yang sama, menggunakan toilet, berpakaian, sarapan, sikat gigi dan kemudian memakai make up. Ketika melakukan tugas-tugas dalam urutan yang sama setiap hari, otak akan mengembangkan kebiasaan dan tidak perlu berpikir tentang hal tersebut lagi. Otak secara otomatis menyimpan memori yang dapat digunakan untuk mengingat sesuatu yang lain. Carilah bidang kehidupan, di mana otak dapat mengembangkan rutinitas dan cara mengatasi stress saat lupa terjadi.
8.       Belajarlah untuk mengimbangi kelemahan memori
Jika lupa dengan apa yang harus dibeli di toko, buatlah daftar sebelumnya. Jika lebih memahami secara visual, tulislah daftar rinci ke bawah. Jika sering salah menaruh kunci, masukkan pada gantungan dekat pintu di mana dapat menggantungnya ketika datang ke rumah. Lakukanlah hal yang memudahkan memori untuk cara mengatasi lupa yang sering terjadi. Mulailah dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu untuk meringankan ingatan otak.


Dikutip dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment